BLOGGER TEMPLATES AND MyYearBook Layouts »

Selasa, 13 Maret 2012

AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU - BUDDHA DI INDONESIA

A. LAHIR DAN BERKEMBANGNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU - BUDDHA





Agama dan Kebudayaan Hindu



Agama Hindu diyakini tumbuh di India sekitar 1500 SM. Dari India, agama ini menyebar ke seluruh dunia dan banyak mempengaruhi kebudayaan-kebudayaan besar dunia.
Agama Hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan bangsa Arya ke kota Mohenjo-Daro (Larkana) dan Harappa (Punjab) sekitar tahun 1500 SM.
Mereka datang melalui celah Kaiber dan mendesak bangsa Dravida dan Munda yang telah mendiami daerah tersebut. Orang-orang Arya membangun sistem kepercayaan dan kemasyarakatan sesuai tradisi yang mereka miliki. Orang Arya memuja banyak Dewa yang dipercayai memiliki kuasa atas segi-segi tertentu kehidupan makhluk hidup.


Pemujaan terhadap para Dewa dipimpin oleh golongan Brahmana atau Pendeta. Para Brahmana juga menulis berbagai ajaran dan ritus-ritus sebagai pedoman dalam melaksanakan upacara keagamaan. Tulisan-tulisan tersebut disatukan dalam Kitab Veda. Kitab Veda terdiri dari empat bagian
1. Reg-Veda, merupakan kitab tertua dan ditulis diantara tahun 1500 dan 900 SM
2. Yajur-Veda, berisi pedoman pengorbanan
3. Sama-Veda, berisi pedoman zikir dan puji-pujian
4. Atharva-Veda, kumpulan mantra-mantra gaib

Dalam agama Hindu, terdapat pembagian kasta masyarakat berdasarkan pembagian tugas atau pekerjaan. Kasta tersebut dari tertinggi adalah :
a. Brahmana, mengurus kehidupan keagamaan
b. Ksatria, berkewajiban menjalankan pemerintahan termasuk pertahanan negara
c. Waisya, berdagang, bertani dan berternak
d. Sudra, pekerja atau pelayan

Dalam perkembangan selanjutnya, terjadi perpaduan antara budaya Arya , budaya Dravida , dan budaya Munda yang kemudian disebut Kebudayaan Hindu (Hinduisme).


Daerah perkembangan pertamanya terdapat di lembah Sungai Gangga, yang disebut Aryavarta (Negeri Bangsa Arya) dan Hindustan (Tanah Milik Bangsa Hindu).




AGAMA DAN KEBUDAYAAN BUDDHA


Agama Buddha pertama kali tumbuh di India, tepatnya di India bagian timur laut sekitar tahun 500 SM.
Diajarkan oleh Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha (seorang yang telah mendapatkan pencerahan)
Agama Buddha muncul sebagai reaksi terhadap golongan Brahmana dalam ritual keagamaan.










Keseluruhan ajaran agama Buddha dibukukan dalam Kitab Tripitaka, yang terdiri dari tiga kumpulan tulisan, yaitu :
1. Sutta (Suttanata) Pitaka, kumpulan khotbah
2. Vinaya Pitaka, aturan-aturan yang berkaitan dengan kehidupan pendeta
3. Abhidharma Pitaka, berisi filosofi, psikologi, klasifikasi dan sistemasi doktrin.

Dalam perkembangannya, agama Buddha pecah menjadi aliran, yaitu
1. Aliran Hinayana, mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana sangat tergantung kepada usaha diri sendiri  melakukan meditasi.
2. Aliran Mahayana,  mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana, setiap orang harus mengembangkan kebijaksanaan dan sifat welas asih (belas kasih)


Perkembangan agama Buddha di India mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya (273-232 SM). Pada pemerintahannya, Raja Ashoka menetapkan agama Buddha sebagai agama resmi negara.
Agama Buddha kemudian dengan cepat berkembang dan diterima oleh masyarakat India. Hal ini terutama disebabkan oleh bahasa yang digunakan Buddha dalam penyampaian ajarannya, yaitu Bahasa Parkit (bahasa yang digunakan rakyat sehari-hari), bukan bahasa Sansekerta yang hanya dimengerti oleh kaum Brahmana.
Selain itu, agama Buddha bersifat non-eksklusif. Artinya, agama Buddha bisa diterima siapa saja dan tidak mengenal pembagian masyarakat atas kasta-kasta. Agama Buddha juga tidak mengenal perbedaan hak antara pria dan wanita.




Berbuat baiklah kepada Musuh-Mu, 
Niscahya dia akan menjadi sahabat / teman yang paling setia







0 komentar: